BIMBINGAN TEKNIS PENGELOLAAN KEARSIPAN DI ULM “GUNA PENYERAGAMAN KEARSIPAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN/ BANJARBARU TAHUN 2018”

DSCN0252

Penyeragaman Kearsipan di Universitas Lambung Mangkurat perlu pembinaan yang lebih lanjut guna memberikan kesadaran akan pentingnya arsip, maka UPT Kearsipan ULM melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip di Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin/Banjarbaru Tahun 2018 dengan menghadirkan Narasumber Kepala Pusdiklat Pusat III dari Arsip Nasional Republik Indonesia Dra.Sulistyowati, MM.,

Rektor ULM – Prof.Dr.H.Sutarto Hadi, M.Si, M.Sc dan Kepala Pusdiklat Pusat III ANRI – Dra.Sulistyowati, M.M.

Peserta acara bimtek tersebut berhadir dari kalangan pengelola arsip dan pejabat di Lingkungan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin/Banjarbaru (27/08/18).

Ruang lingkup pemaparan oleh Narasumber meliputi tentang Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi dan Pedoman Arsip Dinamis di PTN.

Organisasi Kearsipan di PT terbagi menjadi Unit Pengolah, LKPT (UK I), dan Unit Kearsipan (UK II) yang berada di lingkungan sekretariat rektorat, fakultas dan UPT. Unit Pengolah berada di lingkungan rektorat, fakultas, dan UPT yang melaksanakan fungsi dan pengelolaan arsip aktif dan program arsip vital di lingkungannya. Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi (LKPT) atau UK I yang bertugas melaksanakan pengelolaan arsip inaktif yang memiliki retensi sekurang-kurangnya 10 tahun dan pengelolaan arsip statis yang berasal dari SK di lingkungan PT, serta yang utamanya melaksanakan pembinaan kearsipan di lingkungan PT. Sedangkan UK II melaksanakan pengelolaan arsip inaktif yang memiliki retensi di bawah 10 tahun dari UP/Unit Kerja dan melaksanakan pembinaan di lingkungan UP/Unit Kerja masing-masing.

Pedoman Arsip Dinamis adalah empat instrumen pengelolaan arsip dinamis ini merupakan syarat awal terciptanya pengelolaan arsip dinamis dengan baik. Empat instrumen tersebut Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip (JRA), serta Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip. Pengelolaan Kearsipan di PTN harus memiliki empat pedoman arsip tersebut agar pengelolaan arsip dinamis menjadi efektif dan efisien.

Universitas Lambung Mangkurat sudah memiliki empat instrumen tersebut, maka sangat diharapkan pengelolaan arsip terutama pengelolaan arsip dinamis dapat berjalan dengan efektif dan efesien.

Blog Attachment

Leave us a Comment